RSS
Aside
23 Oct

Perbedaan antara uji Tipe dan Uji Berkala adalah

  1. Uji tipe merupakan kegiatan pengujian yang wajib dilakukan bagi setiap kendaraan bermotor kereta gandengan,  dan kereta tempelan yang diimpor dibuat dan atau dirakit di dalam negeri serta modifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan perubahan tipe dalam rangka pemenuhan persyaran teknis dan laik jalan. Uji tipe dilakukan terhadap fisik landasan kendaraan bermotor dan kendaraan bermotor dalam keadaan lengkap serta penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor yang dilakukan terhadap rumah – rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan bermotor yang dimodifikasi tipenya.

Uji tipe dilakukan terhadap satu sampel dari sejumlah kendaraan yang di produksi yang memiliki tipe dan spesifikasi teknik yang sama. Uji tipe ini dilakukan oleh unit pelaksana uji tipe pemerintah dimana dalam hal ini dilakukan oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (PBLSJKB ) dan bukti dari lulusnya uji tipe adalah berupa Sertifikat Uji Tipe (SUT), sertifikat ini berlaku selama kendaraan tersebut tidak melakukan modifikasi dimensi, mesin dan kemampuan daya angkut. Namun bila kendaraan tersebut mengalami modifikasi harus melakukan uji tipe ulang, sedangkan ;

  1. Uji Berkala merupakan pengujian yang wajib dilakukan terhadap semua mobil penumpang umum, mobil bus, mobil barang, kereta gandengan dan kereta tempelan yang dioprasikan di jalan dalam rangka pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan.

Uji berkala yang dilakukan meliputi pemeriksaan dan pengujian fisik kendaraan bermotor dan pengesahan hasil uji. Yang dilakukan oleh unit pelaksana pengujian pemerintah kabupaten/kota, unit pelaksana agen tunggal pemegang merek yang mendapat izin dari peerintah, atau unit pelaksana pengujian swasta yang mendapat izin dari pemerintah, namun dalam kenyataannya yang baru melakukan uji berkala hanya unit pelaksana  pengujian pemerintah kabupaten kota.

Hasil dari pengujian berkala berupa kartu uji, tanda uji dan pengetokan nomer uji (pengetokan hanya pada saat uji berkala perdana). Hasil dari pengujian berkala ini berlaku selama 6 bulan.

PERBEDAAN UJI BERKALA DAN UJI TIPE

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: